Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog

Popok Bisa Kasih Petunjuk Perkembangan Otak Bayi Lho!

Posted on by admin

Memantau konsistensi dan warna kotoran pada popok bayi dapat menunjukkan kondisi kesehatan bayi secara umum. Pemantauan harga popok sweety kotoran bayi juga dinilai dapat memberikan banyak petunjuk terkait perkembangan otak bayi.

Hal ini diungkapkan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Rebecca Knickmeyer. Dalam penelitian tersebut, Knickmeyer dan tim mengumpulkan sampel feses dari 89 bayi berusia satu tahun. Seluruh sampel feses dianalisa dan dibagi ke dalam tiga kelompok harga popok merries berdasarkan kesamaan komunitas mikroba (microbiome) yang terdapat dalam feses.

Saat anak-anak tersebut memasuki usia dua tahun, tim peneliti kembali melakukan penilaian kognitif. Penilaian kognitif ini terdiri atas beberapa tes untuk menguji kemampuan motorik halus serta motorik kasar, kemampuan harga popok pokana perseptual dan juga kemampuan berbahasa yang dimiliki anak.

Anak-anak dari kelompok yang sampel fesesnya memiliki kadar bakteri bergenus Bacteroides tinggi menunjukkan hasil kognitif yang lebih baik. Di sisi lain, anak-anak dengan microbiome yang sangat beragam pada sampel fesesnya cenderung tidak menunjukkan hasil kognitif sebaik anak-anak yang memiliki variasi microbiome lebih sedikit.

"Hasil yang kedua cukup mengejutkan." ungkap Knickmeyer seperti dilansir Science Daily.

Knickmeyer merasa terkejut karena sebelumnya ia memperkirakan bahwa anak dengan variasi microbiome yang sangat beragam harga popok clodi akan menunjukkan hasil lebih baik. Hal ini dikarenakan rendahnya perbedaan microbiome pada bayi kerap dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang buruk seperti diabetes tipe 1 dan asma.

Knickmeyer mengatakan penelitian ini merupakan penelitian pertama yang mengungkap hubungan antara perkembangan kognitif dan microbiome. Untuk itu, harga popok kain 1 lusin ia dan tim akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan bagaimana bakteri tertentu 'berkomunikasi' dalam perkembangan otak.

Di sisi lain, Knickmeyer mengatakan temuan mereka mengindikasikan bahwa optimalisasi perkembangan kognitif mungkin bisa dilakukan melalui penggiringan perkembangan microbiome. Penggiringan perkembangan microbiome juga dinilai dapat menurunkan risko beberapa penyakit seperti autisme karena harga popok dewasa autisme juga berkaitan dengan masalah kognitif dan bahasa.

"Bagaimana Anda menggiring perkembangan tersebut merupakan pertanyaan terbuka karena kita harus memahami microbiome individu dan bagaimana microbiome ini berubah," jelas Knickmeyer.